Rabu, 19 Februari 2014

Biografi Bakmie


Bakmi atau mie adalah makanan sehari-hari yang sering kita makan. Bakmi merupakan sejenis makanan yang mempunyai sejarah yang sangat kuno. Pada mulanya makanan sejenis ini dikonsumsi oleh rakyat Tiongkok semenjak jaman Dinasti Han yaitu pada tahun 206 Sebelum Masehi (2214 tahun lampau). Pada waktu itu bakmi masih berupa adonan gandum yang berbentuk persegi/lembaran sedikit lebih tebal dari kulit pangsit saat ini, atau berbentuk lonjoran. Bakmi atau mie, pada mulanya disebut “Pia”, atau dalam bahasa Mandarin disebut “Bing” (baca: Ping). Cara memasaknya sama dengan masa sekarang yaitu dicelupakan ke dalam air mendidih, dan dimakan bersama kuah yang telah dibumbui.


Sampai pada masa kini, di daratan negeri Tiongkok, masih terdapat berbagai macam cara pembuatan bakmi, cara memasak bakmi serta cara meramu bumbu – bumbunya yang jumlahnya hampir mencapai ribuan jenis masakan yang di sebut bakmi ini.

Pada saat ini anda dapat menjumpai aneka masakan bakmi di seluruh propinsi di daratan Tiongkok, misalnya :

* Di kota Bei Jing ada “Da Lu Mian” (Bakmi dengan cairan bumbu kental yang asin)
* Di kota Hang Zhou ada “Xia Bao Shan Mian” (Bakmi udang dan irisan ikan belut)
* Di kota Shang Hai ada “Kai Yang Cong You Mian” (Bakmi dengan bumbu gorengan daun brambang) dan “Yang Chun Mien” (Bakmi matahari musim semi)
* Di kota Xi An ada “Sao Zi Mian” (Bakmi anak malu)
* Di propinsi Shan Xi ada “Dao Xiao Mian” (Bakmi Bentuk Gepeng)
* Di propinsi Shan Dong ada “Fu Shan La Mian” (Bakmi Lo Mie / Bakmi olor dari gunung Fu Shan)
* Di kota Wu Han (Propinsi Hu Bei) ada “Re Ga Mian” (Bakmi kering panas)
* Di propinsi Si Chuan ada “Dan Dan Mian” (Bakmi pikulan)
* Di kota Lan Zhou (Propinsi Gan Su) ada “Qing Tan Niu Ruo Mian” (Bakmi daging sapi kuah bening)
* Di kota Yang Zhou (Propinsi Jiang Su) ada bakmi ikan pisau
* Di kota Guang Zhou (Propinsi Guang Dong) ada “Yun Tun Mian” (Bakmi pangsit besar)
* Di propinsi Tai Wan ada “Du Xiao Yue Dan Zi Mian” (Bakmi spesial resep Du Xiao Yue) dan “Shan Yu Yi Mian” (Bakmi campur daging ikan belut)

Semua jenis tersebut di atas merupakan bakmi paling enak di seluruh propinsi masing-masing.

Bakmi adalah makanan yang enak dikonsumsi untuk segala musim. Namun ada sebagian kecil wilayah di daratan Tiongkok hanya suka mengkonsumsi bakmi dari musim semi sampai akhir musim panas saja, karena sudah merupakan kebiasaan cara makan setempat saja, yang konon merupakan sejenis tradisi turun-temurun, sebagai makanan yang harus dikonsumsi seusai sembahyangan perayaan musim semi sampai akhir musim panas (lazimnya seperti kita makan kue keranjang). Meskipun demikian masih terdapat sebagian besar rakyat di daratan Tiongkok yang suka makan bakmi, bahkan pada setiap hari ulang tahunnya harus makan bakmi yang maknanya supaya panjang umur.

Menurut catatan sejarah, makanan bakmi yang berasal dari daratan Tiongkok ini sudah dari jaman kuno, berturut-turut “masuk” ke negeri Italia, Jepang, Korea, dan lain-lainnya. Para pakar ahli masakan di seluruh dunia pun mengakui bahwa “akar” dari resep masakan bakmi yang tercipta di seluruh dunia, semuanya berasal dari Tiongkok.

sekarang udah ngerti kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar